PGRI Kabupaten Banyumas Gelar Silaturahmi Virtual - Yusep Kurniawan

Breaking

Saturday, May 29, 2021

PGRI Kabupaten Banyumas Gelar Silaturahmi Virtual


Berita Terkini Seputar Pendidikan


Yusep Kurniawan (29/5) - Pengurus PGRI Kabupaten Banyumas gelar silaturahmi yang dilaksanakan secara daring dan luring (blended). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 bertempat di gedung Guru Kabupaten Banyumas. Kegiatan silaturahmi mengambil tema "Dengan Semangat Ukhuwah Kita Tingkatkan Iman, Ilmu, Amal, dan Imun". Silaturahmi virtual dapat diikuti melalui tayangan di kanal Youtube PGRI Kab. Banyumas dengan link: bit.ly/PGRIKabBanyumas.

Kegiatan silaturahmi dilaksanakan dengan menarapkan protokol kesehatan covid-19. Peserta yang mengikuti secara daring berjumlah 50 peserta yang terdiri dari tamu undangan, Pengurus PGRI Kabupaten Banyumas dan Ketua PGRI Cabang se- Kabupaten Banyumas. Peserta lain mengikuti secara virtual.



Kegiatan silaturahmi dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Banyumas (Drs. KH. Taefur Arafat, M.Pd.I), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas (Irawati, S.E.), Ketua PGRI Kabupaten Banyumas (Sarno, S.Pd., S.H., M.Si.), Jajaran Pengurus PGRI Kabupaten Banyumas, dan Ketua PGRI Cabang se- Kabupaten Banyumas.




Ketua Pengurus PGRI Kabupaten Banyumas, Sarno, S.Pd., SH., M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi seluruh cabang yang telah mensukseskan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh PGRI Kabupaten Banyumas khususnya selama bulan Ramadan. 

Dalam sambutannya, Beliau Ketua Pengurus PGRI Kabupaten Banyumas, Sarno, S.Pd., SH., M.Si juga membacakan geguritan karya Penyair Banyumasan, Wanto Tirta, yaitu: 

Gawe teken kayu jati

Dipasah kelewat atine gela

Ngaturaken sugeng riyadi

Sedaya lepat nyuwun ngapura

Mangan blendung lunga sawah

Nandur kara pinggir kulah

Salah tembung salah tingkah

Dingapura nang Gusti Allah

Medang kopi gula jawa

Kurang legi wang paceran

Idul fitri dina bada

Buka ati pada pur-puran

Ngeduk ganyong murug pulut

Pulut nangka angel dikumbah

Rika inyong duwe luput

Insya Allah dingapura nang Gusti Allah

Iwak peda ning ngisor dami

Esih sewadah ana nang peti

Merga bada esih pandemi

Kudu waspada lan ngati-ati

Harapan juga disampaikan oleh beliau Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, bahwa melalui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PGRI Kabupaten Banyumas dapat meningkatkan kompetensi guru pada satuan pendidikan.

“Kegiatan yang dilaksanakan dapat untuk meningkatkan kompetensi guru. Menambah motivasi untuk terus mengukir prestasi pada kegiatan yang akan datang,” ujarnya.

Dalam Tausiahnya, Drs. KH. Taefur Arafat, M.Pd.I., juga menjelaskan habluminallah dengan iman (yakin) kepada Allah melalui memahami dalil aqli dan naqli. Tidak menyekutukan Allah dan selalu berbakti beribadah kepada Allah. Beliau juga menambahkan, untuk menyambung habluminannas maka bersilaturahmilah antar sesama dan menyambung tali persaudaraan serta persatuan satu sama lain.

“Diantara habluminannas satu sama lain yaitu dengan tidak mengolok-olok orang (kaum) lain. Sebab bisa jadi orang yang diolok-olok lebih baik dari pada orang yang mengolok-olok,” papar Ketua MUI Kabupaten Banyumas tersebut.

Kegiatan silaturahmi usai pukul 12.00 WIB dengan diakhiri doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Banyumas.

No comments:

Post a Comment