2.3.a.4. Eksplorasi Konsep - TIRTA sebagai Model Coaching - Yusep Kurniawan

Breaking

Thursday, August 19, 2021

2.3.a.4. Eksplorasi Konsep - TIRTA sebagai Model Coaching

 Salam dan Bahagia Sahabat Sains

Postingan kali ini membahas tirta sebagai Model Coaching pada Modul 2.3.a.4.3.

Tujuan Pembelajaran Khusus: 
  1. CGP mendemonstrasikan pemahaman mengenai model coaching TIRTA
  2. CGP mengidentifikasi langkah-langkah dalam model coaching TIRTA
TIRTA dikembangkan dari satu model coaching yang dikenal sangat luas dan telah diaplikasikan, yaitu GROW model.  

GROW adalah kepanjangan dari Goal, Reality, Options dan Will. 
  1. Goal (Tujuan): coach perlu mengetahui apa tujuan yang hendak dicapai coachee dari sesi coaching ini, 
  2. Reality (Hal-hal yang nyata): proses menggali semua hal yang terjadi pada diri coachee
  3. Options (Pilihan): coach membantu coachee dalam memilah dan memilih hasil pemikiran selama sesi yang nantinya akan dijadikan sebuah rancangan aksi. 
  4. Will (Keinginan untuk maju): komitmen coachee dalam membuat sebuah rencana aksi dan menjalankannya.
Model TIRTA merupakan model yang dikembangkan dengan semangat merdeka belajar. Model TIRTAmenuntut guru untuk memiliki keterampilan coaching. Hal ini penting mengingat tujuan coaching, yaitu untuk melejitkan potensi murid agar menjadi lebih merdeka. Melalui model TIRTA, guru diharapkan dapat melakukan praktik coaching di komunitas sekolah dengan mudah.

TIRTA kepanjangan dari
T: Tujuan
I: Identifikasi
R: Rencana aksi
TA: Tanggung jawab

TIRTA dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Tujuan Umum 
Biasanya ini ada dalam pikiran coach dan beberapa dapat ditanyakan kepada coachee. Dalam tujuan umum, beberapa hal yang dapat coach rancang (dalam pikiran coach) dan yang dapat ditanyakan kepada coachee adalah:
  • Apa rencana pertemuan ini?
  • Apa tujuannya? 
  • Apa tujuan dari pertemuan ini?
  • Apa definisi tujuan akhir yang diketahui?
  • Apakah ukuran keberhasilan pertemuan ini?
Seorang coach menanyakan kepada coachee tentang sebenarnya tujuan yang ingin diraih coachee.

2. Identifikasi
Beberapa hal yang dapat ditanyakan dalam tahap identifikasi ini adalah:
  • Kesempatan apa yang kamu miliki sekarang? 
  • Dari skala 1 hingga 10, dimana kamu sekarang dalam pencapaian tujuan kamu? 
  • Apa kekuatan kamu dalam mencapai tujuan?
  • Peluang/kemungkinan apa yang bisa kamu ambil?
  • Apa hambatan atau gangguan yang dapat menghalangi kamu dalam meraih tujuan?
  • Apa solusinya?

3. Rencana Aksi
  • Apa rencana kamu dalam mencapai tujuan?
  • Adakah prioritas?
  • Apa strategi untuk itu?
  • Bagaimana jangka waktunya?
  • Apa ukuran keberhasilan rencana aksi kamu?
  • Bagaimana cara kamu mengantisipasi gangguan?

4) 
Tanggung Jawab
  • Apa komitmen kamu terhadap rencana aksi?
  • Siapa dan apa yang dapat membantu kamu dalam menjaga komitmen?
  • Bagaimana dengan tindak lanjut dari sesi coaching ini?
Video guru sebagai coach dan gesture yang disampaikan



Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Coaching

  1. Apa yang dilakukan coach dalam membantu coachee mengenali situasi (permasalahan) yang dihadapi coachee
  2. Bagaimana cara coach memberi respons terhadap situasi (permasalahan) yang dihadapi coachee? (perhatikan secara cermat sikap dan perilaku coach)
  3. Apakah praktek coaching model TIRTA dapat dipraktekkan dalam situasi dan konteks lokal kelas dan sekolah Anda? apa tantangan utama Anda dalam melakukan praktek coaching model TIRTA?
  4. Siapakah yang dapat membantu Anda melatih praktek coaching model TIRTA di kelas dan sekolah Anda? Bagaimana Anda melibatkan mereka?
Jawaban Saya 
  1. Hal pertama yang dapat  dilakukan coach dalam membantu coachee mengenali situasi permasalahan yang dihadapi, yaitu mengenali  tujuan yang hendak dicapai coachee dari sesi coaching Kemudian  seorang coach hendaknya mampu menampilkan percakapan yang terfokus, cermat, dan menggali. Coach dapat  berkomunikasi secara asertif dengan coachee untuk membangun kualitas hubungan yang nyaman dan aman.  Nyaman agar  coachee merasa lebih terbuka dan menerima ajakan kita untuk berkomunikasi. Aman karena permasalahannya disampaikan pada orang yang tepat. Coach dapat mengajukan pertanyaan yang membantu coachee menuju apa yang coachee maksud. Coach membantu coachee dalam memilah dan memilih hasil pemikiran selama sesi yang nantinya akan dijadikan sebuah rancangan aksi penyelesaian. Langkah akhir adalah coach menuntun komitmen coachee dalam menjalankan sebuah rencana aksi.
  2. Cara coach memberi respons terhadap situasi (permasalahan) yang dihadapi coachee adalah dengan membangun kepercayaan (trust) dan keakraban (intimacy)Coach menciptakan suasana aman, rasa hormat dan percaya. Coach mendengar apa yang dikatakan dan tak dikatakan oleh coachee dengan penuh perhatian, memahami makna apa yang dikatakan sesuai apa yang diinginkan coachee, dan mendukung coachee mengungkapkan diri.
  3. Praktek coaching model TIRTA dapat dipraktekkan dalam situasi dan konteks lokal kelas dan sekolah saya dalam mengatasi kompleksitas permasalahan murid ataupun intern guru. Tantangan utama saya dalam melakukan praktek coaching model TIRTA, yaitu pada tahapan identifikasi. Pada tahapan identifikasi inilah yang merupakan kunci keterampilan berkomunikasi seorang coach dalam memfasilitasi coachee.  Kemampuan bertanya memiliki pengaruh kuat dan fokus pada kebutuhan cochee akan berdampak pada suksesnya pelaksanaan coachingCoach harus mampumengajukan pertanyaan yang merefleksikan mendengar yang aktif dan mengenal pandangan coachee. Mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan penemuan, pemahaman, komitmen, dan tindakan (misalnya tantangan terhadap asumsi dari coachee). Coach mengajukan pertanyaan terbuka yang menciptakan kejelasan, kemungkinan atau pembelajaran baru. Hal tersebut merupakan tantangan dalam coaching.
  4. Pada umumnya pimpinan dan seluruh guru dapat membantu saya melatih praktek coaching model TIRTA di kelas dan sekolah. Utamanya praktek coaching akan dapat difokuskan dengan baik pada guru bimbingan konseling, wali kelas, ataupun wakasek kesiswaan.  Saya melibatkan mereka tentunya diawali dari adanya permasalahan siswa, kemudian dapat mengkomunikasikannya dengan wali kelas dan guru bimbingan konseling dalam membantu pelaksanaan coaching di sekolah. 

**Selamat Menerapkan Model Tirta **

No comments:

Post a Comment