Pemetaan KD Kurikulum Darurat Kelas 1 s.d 6 Sekolah Dasar - Yusep Kurniawan

Breaking

Thursday, March 3, 2022

Pemetaan KD Kurikulum Darurat Kelas 1 s.d 6 Sekolah Dasar

 



Pada postingan kali ini sesui judulnya, saya akan sharing tentang Pemetaan KD Kurikulum Daruat Kelas 4 SD. Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan pada kurikulum darurat masa pandemi ialah dengan memilih KD Esensial. Namun sebelum lebih lanjut, kami ingatkan kembali bahwa sekolah diberikan keleluasaan untuk memilih 3 pilihan yaitu menggunakan kurikulum 2013 lengkap, kurikulum daruat kemdikbud yang disusun Balitbang, serta kurikulum daruat yang disusun sekolah secara mandiri.


Adapun Pemetaan KD Kurikulum Daurat Kelas 1 s.d 6 jenjang SD yang saya akan bagikan ini adalah KD Esensial yang telah disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud. 


Untuk menyusun atau membuat pemetaan KD Kurikulum darurat kelas 1 s.d 6 jenjang SD sebetulnya cukup mudah, kita tinggal menyandingkan pemetaan KD tahun sebelumnya dengan daftar KD Esensial Balitbang Kemdikbud. Setelah itu hapus KD yang tidak digunakan. Selanjutnya agar kita tidak bingung, buat dua kolom nomor urut KD, yaitu nomor KD asli, dan nomor KD sesuai urutan esensial.


Terkait nomor KD yang digunakan, kami lebih menyarankan menggunakan nomor urut KD Lengkap, sehingga sudah sinkron atau sesuai dengan buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Bank soal yang telah Bapak/Ibu Guru Miliki.

PEMATAAN KD KURIKULUM DARURAT KELAS 1 S.D 6 SD






No comments:

Post a Comment