Implementasikan P5, Siswa SDN 2 Kedungurang Buat dan Pasarkan Mendoan Khas Banyumas - Yusep Kurniawan

Breaking

Friday, September 2, 2022

Implementasikan P5, Siswa SDN 2 Kedungurang Buat dan Pasarkan Mendoan Khas Banyumas


















Kedungurang, Gumelar - Pemandangan yang berbeda terlihat di halaman SD Negeri 2 Kedungurang Kecamatan Gumelar (02/09). Para siswa kelas IV SDN 2 Kedungurang sibuk memproduksi makanan dan minuman pada stand-stand yang berada di halaman sekolah. Implementasikan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal, para siswa produksi dan pasarkan mendoan khas Banyumas. 


Rini Kusmiati, S.Pd.SD, guru kelas IV SDN 2 Kedungurang mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut para siswa bisa mengenal mendoan sebagai khas Banyumas sambil belajar berwirausaha menjajakan produknya.



















"Meski baru pertama kali, anak-anak merasa senang, karena mendoan yang diproduksi habis terjual dengan cepat," katanya.


Saryo, S.Pd.SD, selaku kepala SDN 2 Kedungurang berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi para siswa, kelak bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. 


"Semua guru dan siswa dari kelas 1 sampai 6 ikut berpartisipasi dalam acara ini sebagai konsumen. Para siswa kelas IV terlihat antusias menjajakan makanan mereka masing-masing. Produk utama dari acara ini adalah tempe mendoan yang disajikan langsung dari proses pembuatan hingga penyajian. Tak luput juga mereka memadukan dengan berbagai minuman, mulai dari minuman hangat seperti teh hingga minuman dingin," ungkap Saryo.
















Ardan, salah satu siswa kelas IV mengatakan, ia sangat senang dengan adanya acara ini. Sejak beberapa hari sebelum acara ia dan kawan-kawannya sudah menyiapkannya. 


“Dibagi-bagi tugasnya ada yang berjualan, ada yang membuat makanan, ada yang memasarkan dan ada pula yang mendokumentasikan. Nanti dokumentasi akan diupload di channel youtube masing-masing siswa,” ujar Ardan. 


Dasirin, S.Pd.SD, guru kelas VI beserta guru dan tenaga kependidikan lain turut berpartisipasi bersama siswa-siswi SDN 2 Kedungurang dalam acara tersebut.


"Saya dan rekan-rekan guru juga ikut membeli mendoan buatan anak-anak, rasanya tak kalah dari penjual warung. Mantap!!!," ujarnya mengomentari mendoan buatan para siswa. 


Penulis: Mustofa Maulana

Editor  : Yusep Kurniawan





No comments:

Post a Comment