3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid - Yusep Kurniawan

Breaking

Monday, October 11, 2021

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Yang menarik aktivitas pembelajaran modul 3.3. pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah sebagai saya sebagai CGP disadarkan akan potensi diri di mana dapat mengoptimalkan peran sebagai pemimpin pembelajaran mampu mengelola kelas secara optimal. Melalui pemahaman pegelolaan program yang berdampak pada murid akan mampu mengoptimalkan penumbuhan karakter peserta didik dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi dan keunikkan mereka masing-masing. 

Modul 3.3 ini mengarahkan CGP menjadi pemimpin dalam ruang lingkup yang lebih luas yaitu sekolah. CGP mampu membuat dan merencanakan program yang muaranya adalah murid atau program yang berdampak pada murid. 

CGP diarahkan untuk mampu memanfaatkan asset/potensi/kekuatan yang dimiliki sekolah sebagai modal dalam menjalankan program sekolah. CGP juga diarahkan untuk mampu mengelola risiko yang mungkin atau akan muncul dari setiap program yang akan kita lakukan. Manajemen risiko ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko atau kendala yang akan muncul dari sebuah program.


Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Dalam membuat sebuah program haruslah memperhatikan dampak dari program tersebut. Program tersebut haruslah berdampak dan bermuara pada perubahan murid kea rah yang lebih baik. 

Dalam manajemen resiko ada beberapa unsur yang harus diperhatikan yang merupakan tipe-tipe dari resiko itu sendiri. Berikut tipe-tipe resiko dalam suatu sistem:

  • Resiko strategis yaitu resiko yang mempengaruhi terhadap pencapaian tujuan yang dibuat organisiasi atau sistem
  • Resiko keuangan yang memunculkan keterbatasan finansial dalam menjalankan sebuag program
  • Resiko oprasional yaitu resiko yang berdampak terhadap keberlansungan menejemn.
  • Resiko pemenuhan yaitu resiko yang berpengaruh terhadap proses dan procedural di dalam sistem tersebut yang berkaitan dengan aturan serta hokum yang diterapkan.
  • Resiko reputasi yaitu resiko yang berdampak terhadap nama baik dan kredibilitas dari sistem tersebut.


Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Akan merencang sebuah program yang berdampak pada murid dengan memenejemen resiko yang mungkin akan timbul. Perubahan yang diterapkan dalam sebuah ekosistem khususnya sekolah akan memunculkan resiko. Sudah sepatutnya lah sekolah selalu menerapkan menjemen resiko untuk meminimlisir kemungkinan negtaif yang akan timbul dari perubahan tersebut. Pengelolaan dan pengidentifikasian resiko sangat dibutuhkan untuk merendam kerugian yang muncul dari penerapan suatu progam.



No comments:

Post a Comment