MGMP IPS Banyumas Gelar Lomba Mata Pelajaran IPS - Yusep Kurniawan

Breaking

Monday, May 8, 2023

MGMP IPS Banyumas Gelar Lomba Mata Pelajaran IPS

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Banyumas gelar lomba mata pelajaran IPS bagi pelajar SMP/MTs se- Banyumas guna tingkatkan motivasi dan prestasi Belajar IPS,  pada Sabtu, 6 Mei 2023 di SMP Negeri 3 Purwokerto. Kegiatan lomba dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs. Joko Wiyono, M.Si dan juga dihadiri oleh Wakil Ketua MKKS SMP, Slamet, S.Pd., Pembina MGMP IPS SMP, Dra Saptari Dharma Wijayanti beserta para Kepala Sekolah dan Guru Mapel IPS.


Joko Wiyono sangat mengapresiasi gelaran lomba yang diinisiasi MGMP IPS. Menurutnya perlombaan menjadi salah satu upaya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para pelajar mengenai materi IPS. Ia menambahkan bahwa perlombaan bukan tentang sekadar kejuaraan, lebih dari itu adalah tentang bagaimana menumbuhkan iklim akademik dari siswa dan guru. 


“Saya sangat mengapresiasi MGMP IPS atas inisiasinya gelar lomba ini. Dengan lomba ini kita jadi bisa melihat sejauh mana esensi IPS terserap oleh para siswa. Bukan tentang juara, namun iklim belajar siswa dan guru yang paling utama,” ujar Joko Wiyono.


Slamet dalam sambutannya menyampaikan, MKKS SMP sangat mendorong MGMP untuk memprogramkan program-program dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Menurutnya kegiatan lomba yang digelar MGMP IPS sangat strategis untuk memotret hasil pembelajaran IPS di sekolah-sekolah.


“Saya harap program MGMP di Banyumas berorientasi pada peningkatan kompetensi guru dan tentunya peningkatan prestasi siswa, baik secara akademik maupun non akademik. Kegiatan ini merupakan contoh upaya strategis untuk melihat capaian hasil belajar para siswa untuk maple IPS,” ungkap Slamet.


Nopidha Ardyansah, selaku Ketua MGMP IPS Banyumas mengatakan bahwa tujuan lomba adalah untuk mendorong motivasi belajar serta mengasah pengetahuan siswa untuk mata pelajaran IPS. Ia berharap setelah lomba berlangsung semangat belajar dan prestasi belajar IPS meningkat. Selain itu ia juga berharap kemandirian, keterampilan bernalar kritis para siswa akan lebih baik lagi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.


“Tujuan lomba ini yakni untuk meningkatkan semangat dan prestasi belajar IPS. Lomba ini harapanya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar para siswa. (Yusep Kurniawan)

No comments:

Post a Comment