Wow, Ribuan Warga Tumpah Ruah Sambut dan Meriahkan “FESTSARAYA” SMAN 1 Rawalo - Yusep Kurniawan

Breaking

Friday, May 26, 2023

Wow, Ribuan Warga Tumpah Ruah Sambut dan Meriahkan “FESTSARAYA” SMAN 1 Rawalo



Rawalo, Ribuan warga masyarakat tumpah ruah memenuhi Lapangan Basket SMA Negeri 1 Rawalo untuk mengikuti acara bertajuk “FESTSARAYA”, Selasa, (23/05/2023) kemarin. Puncak acara pagelaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berlangsung sangat meriah. Acara dibuka oleh Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Agus Triyanto, M.Si.


Ka Cabdin Wilayah X, Drs. Agus Triyanto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sangat efektif menumbuhkan kompetensi siswa dalam dimensi kreatif, bernalar kritis, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, beriman bertakwa kepada Tuhan dan berakhlak mulia. Menurutnya SMA Negeri 1 Rawalo telah menunjukkan kekhasan budaya lokal Banyumas dan benar-benar dilakukan langsung oleh siswa. Ia juga sangat mengapresiasi seluruh pihak, para panitia kegiatan, warga SMA Negeri 1 Rawalo, warga masyarakat dan kepala sekolahnya yang telah mensukseskan gelaran P5 dan Festival Kenthongan yang berlangsung sangat meriah.


“Saya rasa kegiatan P5 ini sangat pas untuk tumbuhkan keenam dimenasi Profil Pelajar Pancasila. Implementasi ini menunjukkan kecintaan seluruh warga SMA Negeri 1 Rawalo dan warga masyarakat sekitar akan budaya khas daerah Banyumas. Kegiatan ini sangat meriah. Sekali lagi terima kasih kerja keras para panitia, ibu kepala sekolah, warga masyarakat, serta semua pihak, sehingga kegiatan ini terlaksana. Semoga semakin maju dan berprestasi.


Kepala SMA Negeri 1 Rawalo, Nurul Hidayah menuturkan bahwa kegiatan P5 dan Festival Kenthongan tersebut diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi ke-20 SMA Negeri 1 Rawalo. Acara yang berlangsung sangat meriah tersebut menurutnya juga melibatkan seluruh komponen masyarakat. Tujuannya menurut Nurul Hidayah yakni sebagai bentuk pameran budaya khas Banyumas agar tetap lestari. Ia berharap dengan pagelaran P5 anak-anak betah bersekolah. Nurul juga berharap dengan P5 anak didik ke depannya tidak banyak kehilangan waktu belajar.


“Kegiatan P5 dan Festival Kenthongan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke- 20 SMA Negeri 1 Rawalo. Kegiatan ini melibatkan berbagai komponen masyarakat. Tujuannya yakni sebagai unjuk muka atau pameran budaya khususnya budaya khas Banyumas, agar semakin di kenal dan tetap lestari. Saya berharap dengan diadakan pagelaran P5 ini anak-anak merasa bahagia dan senang bersekolah, dan untuk harapan P5 tahun depan, semoga anak-anak tidak banyak kehilangan waktu belajar,” kata Nurul Hidayah.


Nurul Hidayah juga menginformasikan bahwa acara diisi oleh Bank Indonesia serta seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Rawalo dengan berbagai tampilan budaya khas Banyumas. Ia juga menginformasikan bahwa selain dihadiri warga masyarakat, hadir pula para siswa-siswi Sekolah Dasar sekitar beserta para gurunya.


“Acara juga diisi oleh Bank Indonesia (BI) Purwokerto Cinta Bangga Paham Rupiah, P5 dan Festival Kenthongan Kelas XI, Launching BKK (Bursa Kerja Khusus), Launching Hari jadi SMA Negeri 1 Rawalo yang ke-20, serta berbagai tampilan kesenian daerah Banyumas oleh para siswa-siswi SMA Negeri 1 Rawalo. Selain warga masyarakat sekitar yang hadir, turut hadir juga memeriahkan siswa-siswi beserta para guru Sekolah Dasar di sekitar,” ungkapnya. (Lintang-Annisa/Yusep K)

No comments:

Post a Comment