Pastikan IKM Optimal, Dindik Banyumas Gelar Workshop Penyusunan Perangkat Ajar - Yusep Kurniawan

Breaking

Friday, September 8, 2023

Pastikan IKM Optimal, Dindik Banyumas Gelar Workshop Penyusunan Perangkat Ajar

Pastikan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada jenjang Sekolah Dasar (SD) berjalan dengan optimal, Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Ajar bagi Guru jenjang SD. Acara yang berlangsung di Hotel Wisata Niaga Purwokerto dihadiri oleh 27 guru dari perwakilan Korwilcam se- Banyumas. Acara tersebut dilaksanakan pada Jumat - Sabtu, 7 - 8 September 2023.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs Joko Wiyono MSi yang hadir  menyambut dan membuka kegiatan meyakini forum workshop yang diselenggarakan tersebut akan menghasilkan gagasan  yang akan jadi referensi bagi anak didik. 


"Melalui forum ini akan hasilkan gagasan untuk referensi anak didik kita. Kita adalah komunitas belajar. Belajar itu harus, bersemangat dan berlogika itu, iya," ujar Joko Wiyono.


Joko Wiyono berharap ada produk terbaik yang dihasilkan dari kegiatan workshop. Ia minta agar produk yang dihasilkan tidak hanya sekedar produk, melainkan ada inovasi dan kebaruan. Ia ingin Guru Banyumas maju dan berprestasi.


"Saya harap ada kertas kerja yang dihasilkan yang beda dengan sebelumnya. Ada inovasi dan kebaruan. Ada karya bermutu dan bermakna. Gunakan gramatika yang benar dan bagus. Konten dan konstruknya juga bagus. Saya ingin Guru Banyumas maju. Tampilkan karya-karya terbaik,"  imbuhnya.


Harapan dari diselenggarakannya kegiatan workshop menurut Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, Ichya Mahluqie ST yakni meningkatnya kompetensi pendidik dalam pengembangan pembelajaran, menganalisis dan menyusun perangkat ajar.


"Saya berharap melalui kegiatan ini akan ada peningkatan kompetensi guru-guru Banyumas dalam menyusun perangkat ajar," katanya.


Sudah menjadi kewajiban bagi Dindik Banyumas menurut Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Kurikulum SD, Muhamad Robani MPd  untuk melakukan pendampingan terhadap guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. 


"Memfasilitasi pendidik dalam pengembangan pembelajaran dan penyusunan perangkat ajar untuk mendukung suksesnya IKM adalah kewajiban kami," katanya. (Yusep Kurniawan)

No comments:

Post a Comment