SD UMP Optimalkan IKM dan Integrasi STEAM dalam Pembelajaran melalui IHT - Yusep Kurniawan

Breaking

Thursday, July 13, 2023

SD UMP Optimalkan IKM dan Integrasi STEAM dalam Pembelajaran melalui IHT



SD UMP Optimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) serta Integrasi STEAM dalam Pembelajaran melalui In House Training (IHT), Kamis, (13/7/2023). IHT tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni, 12 dan 21 Juli 2023 di ruang Aula B2 SD UMP Korwilcam Dindik Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah.

 

Koordinator Korwilam Dindik Kembaran, Ari Kusumaningsih yang juga hadir sangat mengapresiasi kinerja guru-guru SD UMP yang senantiasa bersemangat meningkatkan kompetensi. Salah satu bukti nyata menurutunya dibuktikan dengan capaian aksi nyata Platform Merdeka Mengajar (PMM) guru SD UMP yang meningkat pesat. Bahkan menurutnya salah satu guru, Ayi Istiana telah menyelesaikan dan memperoleh 38 sertifikat aksi nyata.

 

“Terima kasih bapak/ibu atas semangat tingkatkan kompetensi dengan ikuti IHT ini. Selamat juga atas capaian Aksi Nyata PMM yang meningkat pesat. Selamat bu Ayi, sudah tuntaskan aksi nyata dan peroleh 38 sertifikat,” ungkap Ari.

 

Ari Kusumaningsih juga mengapresiasi raihan prestasi SD UMP yang telah raih Grand Winner Eco Car Challenge Indonesian Steam Youth Challenge. Menurutnya itu sungguh prestasi tingkat Nasional yang sangat menginspirasi dan membanggakan.

 

“Sebuah prestasi yang sangat membanggakan kita semua, saya dengar SD UMP menjadi Grand Winner Eco Car Challenge Indonesian Steam Youth Challenge. Selamat atas raihan prestasi SD UMP. Ini tentu akan sangat menginspirasi sekolah lain,” ujar Ari.

 

Menurut keterangan Wakil Kepala SD UMP, Rifqi Maulana, ada dua narasumber IHT, yakni Muhammad Robani, selaku Kepala Seksi Kurikulum Pembinaan SD Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas dan Yusep Kurniawan, Kepala SD Negeri Pandansari Korwilcam Dindik Ajibarang.

 

“Narasumber kegiatan IHT ada dua, narasumber pertama Pak M Robani, selaku Kasi Kurikulum SD Dindik Banyumas. Narasumber kedua Mas Yusep Kurniawan. Mas Yusep merupakan Kepala SDN Pandansari,” kata Rifki.

 

Rifqi dalam sambutannya juga berpesan kepada para guru untuk senantiasa adapatif terhadap segala dinamika dan perkembangan dunia pendidikan yang ada. Ia juga berharap dengan terselenggaranya IHT guru dapat optimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di dalam pembelajaran.

 

“Mari kita senantiasa adaptif menghadapi tantangan serta berbagai dinamika yang ada. Dengan kegiatan ini semoga implementasi kurikulum merdeka serta STEAM dalam pembelajaran di SD UMP lebih optimal lagi,” ujar Rifqi. (Ardani Kurniawan)


3 comments: