Ide Cemerlang Pak Tofik, Tumbuhkan Profil Pelajar Pancasila dengan Gotong Royong - Yusep Kurniawan

Breaking

Monday, December 18, 2023

Ide Cemerlang Pak Tofik, Tumbuhkan Profil Pelajar Pancasila dengan Gotong Royong





Aksi nyata SD Negeri 1 Kotayasa, Korwilcam Dindik Sumbang. Aksi sekolah tersebut diawali dengan sosialisasi program sekolah pada 7 September 2023. Banyak hal yang disampaikan dan disepakati bersama. Seluruh warga sekolah juga melakukan curah pendapat untuk kemajuan sekolah dan menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik.

Profil Pelajar Pancasila merupakan profil karakter yang diharapkan dapat terbentuk dalam diri anak didik kita. Untuk mencapai itu semua diperlukan contoh nyata penerapan karakter di lingkungan di mana anak tersebut tumbuh dan berkembang. Sikap gotong-royong dalam diri anak akan terbentuk dengan sendirinya ketika mereka berada di lingkungan sekolah yang menanamkan sikap kekeluargaan. 

Menurut keterangan Bapak Tofik Hidayat, S.Pd., aksi nyata diawali dengan pelaksanaan sosialisasi program sekolah melalui kegiatan rapat dengan orang tua/wali siswa mendapatkan informasi mengenai aset dan kekuatan sekolah. Kepala sekolah juga mengajak para orang tua dan wali siswa untuk Bersama-sama bergotong royong untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 1 Kotayasa. Salah satunya, para orang tua dan atau wali siswa diajak untuk lebih aktif berkolaborasi dengan sekolah untuk menyukseskan program-program sekolah. 



Salah satu program yang akhirnya disepakati bersama para orang tua siswa yaitu kegiatan menghias kelas. Hal tersebut menurut keterangan Pak Tofik, bertujuan tujuan meningkatkan kenyamanan dan motivasi belajar anak di kelas. Kegiatan menghias kelas yang telah disepakati dikemas dalam bentuk Lomba Kreasi Kelas yang dilaksanakan pada akhir semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. 

Wali siswa sangat antusias, mereka terlihat sangat kompak bergotong-royong menghias dan merapikan kelas. Padahal menurut keterangan Pak Tofik penilaian lomba baru akan dilaksanakan akhir semester.

“Kami mulai saja menghias kelasnya secara bertahap supaya nanti pada saat penilaian hasilnya maksimal,” kata salah satu wali siswa kelas 5.

Pak Tofik merasa sangat bangga melihat kekompakan para orang tua siswa. Kolaborasi tersebut menurutnya sangat cantik, keluarga, sekolah dan Masyarakat. 

“Ini kita sedang mengimplementasikan tri centra pendidikannya Ki Hadjar Dewantara,” kata Pak Tofik.

Bahkan yang lebih membanggakan lagi menurut Pak Tofik, ada salah satu anak berbakat dalam menggambar yang ikut membuat konsep gambar dinding kelas. Siswa tersebut menurutnya merupakan peraih Juara 1 Lomba Menggambar pada FLS2N tahun 2023 Tingkat Kabupaten Banyumas. Kegiatan lomba menghias kelas yang dilaksanakan di SDN 1 Kotayasa tentu membuat kita terinspirasi. Bahwa melalui gotong royong dan kekompakkan semua pekerjaan yang berat akan menjadi ringan. 



“Komunikasi yang baik antara sekolah, orang tua dan masyarakat menjadi kekuatan kami untuk semangat menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik. Oleh karena itu, saya berpesan kepada teman-teman semua, bangunlah selalu komunikasi yang baik, kemudian wujudkan dengan gotong royong untuk meraih keberhasilan. Salam dan Bahagia,” ucapnya mengakhiri perbincangan. (Tim Red/Yeka)

No comments:

Post a Comment