Kak Pj Hanung: Gerakan Pramuka Lahirkan Pemimpin Masa Depan - Yusep Kurniawan

Breaking

Saturday, February 24, 2024

Kak Pj Hanung: Gerakan Pramuka Lahirkan Pemimpin Masa Depan

PURWOKERTO, - Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kak Mabicab) Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, S.STP., M.Si., sampaikan bahwa melalui Gerakan Pramuka nanda-nanda akan belajar tentang bagaimana menjadi pemimpin masa depan. Hal itu ia sampaikan membuka kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwarcab Banyumas di Lapangan Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, pada Sabtu, (24/2/2024).


“Yanda yakin, Pramuka hari ini adalah sebuah gerakan yang terus berkembang, relevan dengan perkembangan zaman. Kita belajar tentang kepemimpinan, kreativitas, keberagaman, dan kepedulian sosial. Bukan sekedar keterampilan dasar bertahan hidup. Namun tentang bagaimana kita dapat menjadi pemimpin masa depan yang berpikiran terbuka, penuh inovasi, dan berkontribusi kepada masyarakat. Akan banyak pengalaman baru yang dapat kalian dapatkan,” ungkap Kak Pj Hanung.


Kak Pj Hanung juga meminta nanda-nanda untuk untuk terus bersemangat ikuti rangkaian Pesta Siaga. Ia mengajak nanda-nanda untuk terapkan hal-hal baik yang didapatkan selama ikuti Pesta Siaga.


“Nanda-nanda, terapkanlah nilai-nilai baik yang telah didapatkan selama pesta siaga. Giat belajar, taat beribadah, jadikan olahraga sebagai rutinitas harian, hormati orang tua dan pererat persaudaraan. Isi kegiatan yang positif dan bermanfaat,” ucap Kak Pj Hanung memotivasi.

Kak Pj Hanung juga berpesan kepada Yanda, Bunda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, dan semua pihak terkait untuk bersama-sama mengawal capaian Pramuka Garuda. Ia targetkan Pramuka Garuda tahun 2024 maksimal baik secara kuantitas maupun kualitas.


“Titip pesan kepada Yanda dan Bunda, kawal proses pencapaian pramuka garuda. Tahun ini Banyumas targetkan 15 ribu Pramuka Garuda. Semua pihak harus mendukung, bukan kejar kuantitas, namun juga kualitas. Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kemenag, dan semua pihak, mari kita kawal terus pencapaian Pramuka Garuda. Berikan reward kepada Gudep yang sudah melaksanakan Program Pencapaian Pramuka Garuda, dan lakukan evaluasi yang belum melaksanakannya. Mari kuatkan komitmen, untuk jadikan gerakan pramuka sebagai pembentuk generasi muda yang berkualitas. Jayalah selalu Pramuka Indonesia. Salam Pramuka,”  pungkasnya mengakhiri sambutan.


Ketua Kwartir Cabang Banyumas, Kak Agus Nur Hadie, S.Sos., M.Si., melihat ada keceriaan dan kebahagiaan terpancar dari nanda-nanda peserta Pesta Siaga. Ia berharap rangkaian kegiatan Pesta Siaga akan tumbuhkan karakter baik, budi pekerti luhur bagi nanda-nanda semua. Selain itu ia juga berharap akan terlahir Barung terbaik yang akan mewakili Kwarcab Banyumas di tingkat Kwarda Jateng. 

 

“Rangkaian kegiatan ini saya lihat nanda-nanda semua bahagia, ceria, yang nantinya akan tumbuh kemandirian, berani, patuh pada orang tua, dan punyai budi pekerti yang luhur. Selain itu, tentu akan ada Barung yang berkualitas Barung terbaik yang akan mewakili di tingkat Kwarda nanti,” ujarnya.


Diakhir sesi wawancara, Kak Agus juga menyampaikan bahwa kegiatan Bazar di hari pertama juga merupakan salah satu aspek penilaian pada rangkaian Pesta Siaga. Tujuannya menurut Kak Agus yakni untuk menumbuhkan rasa empati, gemar menabung bagi nanda-nanda peserta.


“Kegiatan Bazar masuk salah satu unsur penilaian. Dengan Bazar, akan tumbuh empati, gemar menabung,” katanya. 


Ketua Kwartir Ranting (Ka Kwarran) Purwokerto Utara, Kak Darinah, S.Pd.SD., M.Pd., merasa senang atas suksesnya rangkaian Pesta Siaga tingkat Kwarcab Banyumas yang digelar di Kecamatan Purwokerto Utara. Banyak pembelajaran berharga baginya atas lancar dan suksesnya rangkaian Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Tahun 2024.

 

“Rangkaian Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Banyumas yang pada tahun ini digelar di Kecamatan Purwokerto Utara menjadi momentum kita bersama khusunya Kwarran Purwokerto Utara untuk bersama-sama turut andil mensukseskannya. Lancar dan suksesnya rangkaian Pesta Siaga Cabang tahun ini tentu karena adanya kolaborasi, koordinasi yang sangat baik antara Panitia dari Kwarcab itu sendiri dan dengan kami di lapangan dari Kwarran Purwokerto Utara sebagai Kwarran yang ketempatan,” pungkasnya. 


Nanda Lutfi Tri Rangga dari pangkalan SDN 1 Dukuhwaluh Kwarran Kembaran sangat terkesan ikuti Pesta Siaga. Katanya pesta siaga menyenangkan dan ketemu banyak teman baru.

 

"Ikut Pesta Siaga itu seru lho! Bisa main dengan teman-teman," katanya.


Kontributor: Riptina Pawestri

Editor: Yusep Kurniawan


No comments:

Post a Comment